Posted by : Unknown Selasa, 05 Februari 2013
Tag :



Cermin Purba - Menurut Edward Burnett Tylor, kebudayaan merupakan keseluruhan yang kompleks, yang di dalamnya terkandung pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan kemampuan-kemampuan lain yang didapat seseorang sebagai anggota masyarakat.
Berkaca dari itu, budaya bisa jadi refrensi menuju titik balik moral yang lebih baik. Sebab setiap budaya punya 2 aspeknilai : nilai moral dan nilai sejarah .
Tentang nilai moral. Semisal saja , tari saman.Tari Saman mengajarkan moral berorganisasi nilai itu diantaranya tentang kekompakan bergerak, paham posisi masing – masing agar kerjasatu pihak dengan pihak lain tidak bertabrakan. Lalu juga, mesti punya semangat yang sama, yang kalau dalam Saman digambarkan dengan kecepatan anatar penari yang sama. layaknya penuturan NASIR JAMIL , waka komisi III DPR ,kala menyaksikan pentas Tari Saman di Jakarta : “ Gerakannya energik. Tangan dan tubuhnya bergerak kesana kemari tapi tidak sampai berbenturan. Karena semua paham posisi masing – masing “ .
Dan soal sejarah . menurut Roeslan Abdulgan, sejarah adalah “keseluruhan perkembangan masyarakat serta kemanusiaan di masa lampau beserta kejadian-kejadian dengan maksud untuk kemudian menilai secara kritis seluruh hasil penelitiannya tersebut, untuk selanjutnya dijadikan perbendaharaan pedoman bagi penilaian dan penentuan keadaan sekarang serta arah proses masa depan”. Dan diantara perbendaharaan pedoman yang bisa kita raup dari bangsa budaya kita adalah budaya Reog . Reog menceritakan penyebab runtuhnya Majapahit karna foya –foya si raja dan kejadian – kejadian yang berkaitan dengan keruntuhan tersebut.
jadi beruntunglah kita sebagai bangsa yang kaya akan budaya, memiliki ratusan kebiasaan yang bisa mengarahkan ke Indonesia yang berjaya
Namun sayangnya pemuda zaman kini tak sedikit yang lupa atau bahkan belum mengenal nilai –nilai yang justru sangat primer bagi kecemerlangan masa depan mereka yang juga berpengaruh bagi masa depan bangsa.
Jadi dalam blog ini , kami sajikan data – data tentang warisan budaya negri ini dan juga hal- hal lain yang berkaitan dengan budaya . SELAMAT MEMBACA DAN SEMOGA BERMANFAAT.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Posting Populer

Diberdayakan oleh Blogger.

- Copyright © 2013 Cermin Purba -Sao v2- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -